cara Menghilangkan tato

Tato merupakan suntikan tinta berwarna ke dalam kulit membuat gambar dekoratif yang permanen. Beragam alasan mengapa orang melakukan tato pada tubuh mereka, mulai melakukan tato untuk menyimbolkan cinta mereka kepada seseorang, hingga melakukan tato karena asumsi bahwa tato akan meningkatkan penampilan mereka. Di sisi lain, ada banyak pula alasan mengapa orang memilih untuk menghilangkan tato, diantaranya tuntutan pekerjaan, menyesali atau malu dengan gambar tato pada tubuh, dan masih banyak alasan yang lain.

Banyak metode yang dapat dilakukan untuk menghapus tato, dimana efektivitas penghapusan tergantung pada kedalaman tinta dan jenis dan warna tinta yang digunakan. Metode tersebut adalah eksisi (operasi plastik dengan melakukan pembedahan untuk menghilangkan kulit), dermabrasi (melakukan scraping atau pengelupasan kulit untuk menghilangkan tato), laser (perawatan laser dapat diterapkan untuk memecah tinta tato dalam kulit), salabrasion (metode yang relatif lebih tua, dimana daerah tersebut secara harfiah sangat agresif digosok dengan garam atau pengamplasan blok garam pada kulit).

Dalam kasus menghilangkan tato yang berukuran kecil lebih baik menggunakan operasi kulit atau eksisi. Operasi plastik ini dilakukan dengan cara memotong kulit yang bertato, kemudian menjahit tepi-tepi kulit yang tersisa bersama-sama. Operasi kulit dilakukan dengan begitu mudah sehingga tidak mengakibatkan banyak pendarahan. Tetapi ketika eksisi dilakukan untuk tato yang lebih besar, maka membutuhkan waktu lebih lama dan dilakukan dalam beberapa sesi operasi. Kadang-kadang, kulit dari bagian lain dari tubuh, dicangkokkan pada daerah tersebut. Sehingga terdapat resiko kemungkinan jaringan parut pada kulit yang dijahit.

Mengurangi risiko menghilangkan tato juga bervariasi tergantung pada metode yang digunakan untuk menghilangkan tato. Salabrasion, prosedur dengan resiko meninggalkan bekas luka signifikan. Dermabrasi risiko yang paling umum adalah perubahan pigmentasi kulit. Risiko yang sama berlaku pengobatan laser, sebab perawatan ini menghilangkan pigmen dari tato, beberapa pigmentasi kulit normal Anda juga dapat dihapus dan memungkinkan menjadi permanen. Eksisi memiliki risiko umumnya seperti infeksi atau komplikasi layaknya operasi yang lain. Resiko tersebut dapat dikurangi jika dilakukan oleh dokter yang berkualitas. Meskipun Anda memiliki alasan cukup kuat untuk menghapus tato Anda. Namun alasan bukanlah satu faktor menentukan calon yang memenuhi syarat untuk prosedur menghapus tato. Seorang pasien harus memiliki tujuan realistis dan harapan untuk prosedur ini, dan harus memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik. Pasien harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan spesialis, baik seorang ahli operasi kosmetik atau dokter kulit.