Ini Lho Bahaya Duduk Terlalu Lama

Ini Lho Bahaya Duduk Terlalu LamaIni Lho Bahaya Duduk Terlalu Lama

Berbagai dekade paling akhir bila kita memperhatikan kembali persoalan kesehatan di Indonesia maka didapat pergeseran yang cukup penting dari pola penyakit infeksi jadi penyakit kronik seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes melitus, serta stroke.

Pergeseran pola penyakit ini di pengaruhi oleh banyak aspek, satu diantaranya ialah gaya hidup orang-orang yang saat ini beralih.

Gaya hidup yang disebut dapat dilihat dari sisi nutrisi, manajemen stres, serta kegiatan fisik. Spesial tentang kegiatan fisik, mari kita perhatikan kembali aktivitas yang kita kerjakan selama 24 jam ini, apakah kita telah memasukkan daftar olahraga di dalamnya?

Seberapa kerap saat kita olahraga dibanding saat untuk duduk?

Resiko penyakit kronik

Beberapa besar orang yang banyak menggunakan waktunya untuk duduk serta tidak sering melakukan kegiatan fisik mempunyai resiko penyakit kronik lebih tinggi di banding orang yang cukup melakukan kegiatan fisik setiap harinya.

Kegiatan duduk kerap dikatakan pula sedentary behaviour ini terhitung ketika ditempat bekerja, transportasi, melihat tv, serta dirumah yang banyak dikerjakan oleh pekerja kantor serta mahasiswa.

Suatu riset dari Kansas State University pada 63. 048 pria berumur 45 serta 65 tahun sempat dikerjakan untuk hal semacam ini. Kaum partisipan studi isi survey perihal keadaan kronik yang mereka punyai serta seberapa banyak mereka duduk.

Pria yang duduk lebih dari 4 jam /hari mempunyai insidensi menanggung derita penyakit kronik seperti penyakit jantung, diabetes, kanker atau desakan darah tinggi semakin besar.

Semakin lama saat yang di habiskan untuk duduk tiap-tiap hari, semakin tinggi resiko terserang penyakit kronik.

Penumpukan plak kolesterol pada pembuluh darah meningkat

Sedentary behaviour mempunyai pengeluaran daya yang amat rendah kira–kira 1, 5 metabolic equivalent units (METs), hingga metabolisme badan jadi lebih rendah juga.

Pembakaran kalori jadi amat lambat lantaran otot–otot badan tak banyak konsumsi daya, serta berlangsung pembentukan trigliserida serta LDL (low density lipoprotein—dikenal pula semacam kolesterol jahat—adanya hal semacam ini bisa menyebabkan penumpukan plak kolesterol pada pembuluh darah) makin meningkat.

Pola metabolisme ini bakal mengakibatkan timbulnya beragam jenis penyakit kronik.

Penyakit kronik tak berkenaan dengan indeks massa badan, hingga orang–orang yang mempunyai badan ideal maupun kurus terus berisiko terserang penyakit kronik.

Sisipkan kegiatan fisik

Ada berbagai jalan untuk menyisipkan kegiatan fisik di sela–sela aktivitas sedentary behaviour, yakni :

Jauhi ada di depan computer bila tiada yang hal utama yang ditangani
Upayakan melakukan relaksasi atau peregangan otot setiap satu jam dari duduk terus-menerus
Berjalanlah waktu pergi ke tempat–tempat yang dekat dengan jarak tempuh 5-15 menit
Tambah baik olahraga dengan rekan–teman diakhir minggu dibanding hang out makan atau nonton bersama
Batasi saat melihat TV
Berolahragalah minimum 30 menit tiap-tiap hari
Memperbanyak minum air putih.

sumber : http://www.kesehatan.tips/detail-artikel/ini-lho-bahaya-duduk-terlalu-lama-424.php