Manfaat Jeruk Nipis untuk kesehatan

manfaat jeruk nipis untuk kesehatanManfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Jeruk nipis sudah di kenal sejak jaman dahulu sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat, terutama manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Jeruk nipis memiliki banyak sekali manfaat yang terdapat di dalamnya. Buah yang berwarna hijau, berdiameter 3 sampai 4 cm ini berasa asam dan sedikit dingin, tetapi memiliki manfaat yang sangat beragam. Air dari buah jeruk nipis bisa di gunakan untuk penyedap masakan, minuman, penyegar dan bahkan bisa untuk bahan campuran jamu. Sebagai bahan herbal alami jeruk nipis berkhasiat untuk menghilangkan batuk, dahak, serta membantu proses pencernaan. Tentunya manfaat jeruk nipis cukup banyak dan memberikan manfaat yang besar bagi diri anda. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak di bandingkan dengan varian buah jeruk lainnya. Asam sitrat yang terkandung di dalam jeruk nipis mampu mencegah kekambuhan pada pasien pasca operasi batu ginjal.

Berikut ini adalah manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang bisa di jadikan referensi untuk anda :

1.  Sebagai obat untuk ambeien
(siapkan 2 buah jeruk nipis,cuci bersih, lalu di rebus dengan air kira-kira 1 liter selama ½ jam, kemudian saring airnya. Di minum selagi hangat 3 kali sehari secara rutin. )
2.  Sebagai obat batuk
(siapkan 1 atau 2 buah jeruk nipis ukuran sedang, cuci bersih, diperas, campur dengan 1 sendok madu dan sedikit garam, aduk bersama dengan perasan air jeruk nipis. Di minum 2 sampai 3 kali sehari.)
3.  Obat demam atau flu
(siapkan satu jeruk nipis, cuci bersih, peras jeruk nipis, tambahkan dengan 2 siung bawang merah dan 1 sendok minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita.)
4.  Obat sakit gigi
(campurkan air perasan jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing – masing 1 sendok makan. Tambahkan ¾ air garam ke dalam cangkir, aduk hingga tercampur rata. Selanjutnya gunakan air saringan dari campuran bahan tadi untuk berkumur, lakukan beberapa menit lalu buang. Lakukan 3 sampai 5 kali sehari.)

Tidak hanya manfaat jeruk nipis untuk kesehatan saja tapi jeruk nipis juga memiliki beragam manfaat lainnya yang sangat berguna bagi anda. Mungkin itulah beberapa manfaat yang ada di dalam jeruk nipis. Jeruk nipis memang memiliki cukup banyak khasiat sebagai obat. Kesehatan memang mahal, tetapi mencegah lebih mudah dari pada mengobati. Selagi kita sehat bersyukurlah dan selalu jaga kondisi kesehatan anda.

Manfaatkan obat-obatan herbal dan alami yang ada di sekitar anda. Jeruk nipis misalnya, mudah di dapatkan , di pasar, swalayan bahkan dapat di tanam di kebun sendiri tanpa perawatan yang rumit tentunya. Tentunya anda dapat memanfaatkan jeruk nipis untuk kesehatan dan pastinya dengan biaya yang murah tanpa membutuhkan waktu yang lama pula.

 

sumber : http://sejutamanfaatjeruknipis.blogspot.com/2013/10/manfaat-jeruk-nipis-untuk-kesehatan.html